Tips Menghindari Situs Temuan Palsu

25 10 2010

Saya yakin pasti Anda semua pernah mengalami hal ini. Menggunakan Search Engine entah itu Google, Yahoo atau yang lain untuk mencari sesuatu yang kita butuhkan misalkan e-book, mp3, software dan apalah itu.  Setelah kita klik tombol Search, (misalkan saya cari visual basic .net open source download) muncullah sederetan link-link yang membawa kita ke situs yang kita yakini menyediakan apa yang kita cari. Lalu kita pilih satu link (biasanya link yang paling atas khan?..)

Dan apa hasilnya…. JREEENGGG…ternyata situsnya hanya berisi iklan-iklan yang ga jelas dan mungkin tidak kita butuhkan sama sekali. Parahnya lagi, situs itu tidak menyediakan apa yang kita cari.  Yang kita dapat hanyalah ini :

maaf, hasil pencarian visual basic .net open source download saat ini belum ada, periksa atau Coba Kata Kunci Lain dgn benar.


Sorry, Your search visual basic .net open source download no found

Atau malah memberikan link lagi yang saya yakin seyakin-yakinnya link itu akan membawa Anda ke situs itu juga. Seperti ini contoh link yang telah berhasil dibuka ->

Tips Menghindari Situs ‘Palsu’

Ada tips sederhana agar kita terhindar dari situs ‘palsu’ yaitu dengan cara melihat pola link pada daftar pencarian yang ditampilkan search engine. Pola yang ditampilkan rata-rata sama yaitu

http://www.[nama situs]/…/kata pencarian

contohnya :

http://www.macam2.co.cc/…/downloadsource-code-visualbasicnet.html

Link dengan pola seperti itu kebanyakan tidak memberikan informasi yang kita butuhkan. Jadi hindari link-link semacam itu karena akan sangat mengganggu dan menyebalkan Anda…

Kontroversi Tips Agar Situs Menjadi Pencarian Utama di Search Engine

Memang ada cara agar situs kita menjadi link paling utama (urutan atas) pada search engine. Dengan cara tersebut walaupun data yang dicari tidak ada pada situs kita tetapi link situs kita akan tetap ada pada urutan pertama search engine. Cara ini lah yang sering digunakan oleh para pemillik situs. Menurut pengamatan saya, kebanyakan link-link situs seperti itu ada di Indonesia atau berbahasa Indonesia. Dan yang paling banyak adalah link-link yang menyediakan gambar-gambar atau video-video porno. Tidak percaya? Coba cari saja di Search engine..

Cara ini memang ampuh untuk menempatkan posisi situs berada urutan paling atas. Namun bagi saya pribadi hal ini cukup mengganggu dan berbau kebohongan karena tidak memberikan informasi yang sebernarnya. Namanya juga dunia maya, aturan masih bebas-bebas aja selama tidak menyalahi aturan yang ada seperti UU ITE. Dan sekali lagi bagi saya dalam menjelajahi dunia maya, seharusnya ada etika yang mesti kita miliki untuk menghormati orang lain.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: