Maldigesti Karbohidrat

20 10 2010

Istilah ini baru saya kenal setelah membaca hasil uji lab feses anak saya. Dokter menganjurkan uji lab ini untuk mengetahui proses pencernaan anak saya karena berat badannya yang saat ini berumur 10 bulan berada di bawah standar. Dari tinggi badan 70cm seharusnya berat badannya 80-87 kg, sedangkan pada saat ditimbang berat badannya 7,7kg. Anjuran pengobatan Maldigesti Karbohidrat adalah Enzym Pencernaan.

Penyebab Maldigesti Karbohidrat

Seperti biasa, kalau ada istilah yang belum dimengerti mbah Google-lah yang tempat mengadu (halah..). Jadi…Maldigesti Karbohidrat disebabkan karena tidak tercernanya karbohidrat yang dikosumsi manusia. Maldigesti Karbohidrat dapat terjadi karena produksi enzim untuk mencerna karbohidrat tidak memadai. Produksi enzim ini sangat ditentukan oleh banyaknya protein.

Pada anak/bayi yang Berat Badannya kurang, protein yang seharusnya dibuat untuk menjadi enzim dijadikan energi karena sumber energi utama dari makanan adalah karbohidrat. Untuk membantu mencerna karbohidrat pada tubuh maka dibutuhkan enzim dari luar yang tidak diproduksi dalam tubuh sendiri. Jumlah enzim yang dibutuhkan juga harus sesuai dengan kebutuhan anak.bayi.Oleh karena itu, perlu pengawasan dokter dalam penggunaan enzim dari luar.

Kalau tidak segera diobati maldigesti karbohidrat dapat menyebabkan diare kronik. Menurut riset yang dilakukan Simadibarata M dkk pada 2002, penyebab utama diare kronik non infeksi di RSCM yang disebabkan oleh maldigesti karbohidrat  yaitu 62,6%. Penyebab gangguan enzim bisa berbeda pada satu orang dengan lainnya antara lain karena faktor genetik, gangguan pankreas (kanker pankreas atau pankreatitis kronis) dan usia.

Selain dengan berkurangnya Berat Badan, ciri lain yang mudah dikenali akibat Maldigesti Karbohidrat adalah dengan cara berikut : Apabila Anda makan roti kemudian mencret, kemungkinan tubuh Anda tidak memiliki enzim yang cukup untuk memecah karbohidrat. Atau apabila Anda makan sayuran namun yang keluar terkadang masih berbentuk utuh berarti tubuh Anda kurang cukup enzim yang mampu memecah serat.

Analisis Terhadap Anak Saya

Melihat beberapa penyebab terjadinya Madigesti Karbohidrat dan kegiatan yang sering dilakukan anak saya. Saya menjadi sedikit mengerti mengapa Berat Badan anak saya tidak bertambah seperti biasanya. Ya…anak saya bisa dibilang cukup aktif dan tidak bisa diam. Mungkin hal inilah yang membuat dia membutuhkan banyak energi untuk melakukan banyak aktivitas. Energi ini diambil dari protein yang seharusnya digunakan untuk menjadi enzim yang berfungsi sebagai pemecah karbohidrat.¬† Sebagai orang tua, saya tidak mungkin membatasi kegiatan yang ingin dilakukan anak saya karena rasa ingin tahunya yang tinggi. Sesuai saran dokter, saya berencana untuk menggunakan enzim dari luar guna membantu pencernaan tubuh anak saya.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: