Menyapa Ayah Bunda

24 06 2009

Masih terasa kebahagiaan yang saya rasakan dengan istri tercinta. Apalagi bagi istri saya yang mengandung anak pertamanya. Bangun tidur langsung tersenyum. Waktu saya tanya kenapa kok senyum-senyum sendiri pas bangun tidur bukannya wajah mengantuk yang seringkali saya lihat di pagi hari. Istri menjawab bahwa dia masih terbayang akan seorang malaikat kecil yang melambaikan tangannya di dalam kandungan kepada ayah bundanya.

USG kandungan

USG kandungan

Malam itu, jadwal istri periksa ke dokter kandungan setelah 2 minggu sejak terkena penyakit cacar air.Kami ingin memastikan apakah keadaan anak kami yang masih di dalam kandungan memilik perkembangan yang baik. Selain itu kami juga ingin melihat secara langsung malaikat lucu yang kami dambakan. Dalam ilmu kedokteran, untuk mengetahui perkembangan bayi dalam kandungan digunakan USG (UltraSonoGrafi). Umur bayi kami sudah 12 minggu dan menginjak ke trimester kedua.

LayaR USG

LayaR USG

Dokter kami mulai melihat perkembangan bayi kami di layar USG. Terlihat sesosok makhluk kecil yang terbungkus oleh lingkaran rahim sedang asyik sendiri di dalamnya. Entah dia mengerti bahwa ayah bundanya sangat rindu ingin melihatnya, tiba-tiba tangan kecil bergerak ke atas ke bawah seolah-olah menyapa kedua orang tua yang sangat menyayanginya. Sangat jelas sekali gerakan itu, spontan hati saya melonjak gembira dan bahagis. Inikah yang namanya kebahagian akan hadirnya sang buah hati. Benar-benar baru kali ini saya merasakan kebahagiaan yang hebat. Pun demikian dengan istri, dia tak henti-hentinya tersenyum bahagia sampai tidur pun masih tersenyum. Sebelumnya istri sudah tidak sabar ingin melihat buah hatinya itu tapi karena saran dokter agar periksa lagi setelah 2 minggu, kami belum periksa juga. Saking tidak sabarnya itu, istri sampai bermimpi bertemu buah hatinya yang katanya laki-laki sang jagoan. Curang istri saya ya, ayah sang jagoannya saja belum bermimpi bertemu.

Nah, menurut kedokteran bagaimana sih perkembangan bayi di dalam kandungan yang berumur 11-12 minggu atau pada akhir trimester pertama. Informasi ini saya dapatkan dari bidanku.com

Perkembangan Janin Minggu ke-11

Panjang tubuhnya mencapai sekitar 6,5 cm. Baik rambut, kuku jari tangan dan kakinya mulai tumbuh. Sesekali di usia ini janin sudah menguap. Organ Seks luar sudah terbentuk, juga folikel-folikel rambut dan gigi. Bayi sudah dapat menelan cairan amnion dan mengeluarkannya kembali (kencing). Mata sudah terbentuk lengkap, jaringan tangan dan kaki tumbuh, meskipun belum disatukan oleh jaringan kulit.
Gerakan demi gerakan janin kaki dan tangan, termasuk gerakan menggeliat, meluruskan tubuh dan menundukkan kepala, sudah bisa dirasakan ibu. Bahkan, janin kini sudah bisa mengubah posisinya dengan berputar, memanjang, bergelung, atau malah jumpalitan yang kerap terasa menyakitkan sekaligus memberi sensasi kebahagiaan tersendiri.

Perkembangan Janin Minggu ke-12

Ukuran Janin sekarang sekitar 8 cm. semua organ vital bayi sudah terbentuk. Dengan signal dari otak, otot akan merespons dan bayi sudah dapat menendang. Akhir trimester pertama, organ-organ tubuh bayi sudah terbentuk. rasa mual dan lelah anda biasanya sudah berkurang atau hilang. perkembangan selanjutnya
akan terlihat pertumbuhan bayi (dan juga anda) yang semakin membesar. Janin usia tiga bulanakan mengalami cegukan,yang normal terjadi. Cegukan terjadi dengan frekuensi hingga 90 kaki cegukan dalam satu jam. Cegukan pada janin berfungsi untukmemperkuat otot-otot pada bagian organ pernafasan.

Alhamdulillah, bayi kami berkembang dengan baik. Terima kasih ya Allah…


Aksi

Information

One response

24 06 2009
bocahbancar

Wah, saya ikut senang lowh..

Salam semangat Bocahbancar……

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: