Pencak Silat Dalam Serial Manga Historys Strongest Disciple Kenichi

4 06 2009

Kalau mendengar kata “Pencak Silat”, terlintas di benak saya adalah salah satu beladiri tradisional yang hanya dikenal di Indonesia saja. Dilihat dari jurus yang digunakan, senjata tradisional seperi golok, kujang, atau celurit, serta tradisi yang dijalankan sangatlah Indonesia banget. Dulu saya berpikir sempit bahwa “Pencak Silat” ini tidak akan berkembang di dunia internasional bahkan tidak banyak dikenal orang.

Pikiran saya mulai terbuka dan membuat saya bangga akan seni beladiri Pencak Silat ini tatkala melihat komentar di kaskus bahwa Pencak Silat muncul di serial manga History’s Stringest Diciple Kenichi. Sebelumnya saya sudah tamat nonton versi animen, tapi alur ceritanya berhenti setelah Kenichi mengalahkan Ryuto, teman masa kecil dan rival utama Kenichi dalam beladiri. Akhirnya saya cari cerita tentang Kenichi dalam versi manga.

Diceritakan, Kenichi tersesat di gunung bersalju. Kemudian dia bertemu dengan seorang Pangeran Tidat (Tidat Kerajaan mana ya) bernama Radin Tidat Jihan (Orang Indonesia bilang Raden bukan Radin) yang berjuluk Nagaraja. Nah, Si Jihan ini seorang murid dari Master Pencak Silat bernama Silcardo Jenazad (Namanya aneh, masih belum bisa mentranslate dalam bahasa indonesia. yang pasti jenazad mirip dengan kata jenazah). Maka Kenichi dan Raden Jihan bertarung dengan beladiri masing-masing. Kenichi dengan gabungan beladiri Karate, Jujutsu, Kungfu, dan Ninja yang dipelajari dari 6 master yang dimiliki di Dojo Ryozanpaku. Sedangkan Raden Jihan menggunakan Pencak Silat, salah satu serangan mematikan yang dilancarkan Radin Jihan adalah ‘Sragan Harimau’ (dibaca : Serangan Harimau). Akhir cerita, Raden Jihan kalah. Ya pasti, karena tokoh utamanya kan Kenichi. Raden Jihan sendiri malah dikhianati oleh gurunya. Penasaran? Coba baca di Manga Historys Strongest Disciple Kenichi.

Salut juga kepada penulis dan pengarang cerita manga ini. Dia menceritakan tentang asal usul dan beberapa hal tentang Pencak Silat. Dijelaskan di cerita, Pencak Silat sudah ada sejak jaman kerajaan dulu di Indonesia bahkan digunakan untuk memerangi penjajah. Jurus mematikan pencak silat disembunyikan dalam gerakan-gerakan seperti menari. Selain jurus, juga digunakan senjata tradisional seperti kujang dan sarung. Waaahhh, hebat juga ya pengarangnya, bisa mengetahui seluk beluk beladiri pencak silat.

Semakin penasaran, saya kemudian mencari perguruan pencak silat di luar negeri dengan bantuan mbah Google. Hebat, benar-benar hebat. Di Eropa sendiri memiliki perguruan pencak silat. Bisa dilihat di www.pencaksilat.co.uk dan www.epsf.net. Bangga juga, beladiri Pencak Silat ternyata sudah banyak dikenal di dunia internasional.

Tunggu dulu, apakah dengan begitu saya akan mempelajari Pencak Silat. Well, dulu waktu SD saya memang pernah ikut perguruan silat Perisai Diri (PD). Tapi hanya bertahan sebulan. Saya merasa tidak cocok mempelajari Pencak Silat. Lalu ketemulah saya dengan Karate. Eh asyik juga. Akhirnya saya berlatih Karate sampai sekarang. Walaupun demikian, saya tetap bangga dengan prestasi Pencak Silat yang sudah berkembang begitu pesatnya.

Hidup Pencak Silat Indonesia……

Pencak Silat Dalam Manga


Aksi

Information

10 responses

16 08 2009
The Great Rist Lawliet

Wkwkwkwk, saya kaget setengah mati ngeliat itu…😆

22 01 2010
Baltxer

yup, apa yg lu alami dlm hal pikiran terbuka akan sempitnya ttg pencak silat yg kita kenal, ternyata sama kayak anda😀

yap, gara2 stlh baca bagian itu, gw tertarik cari tahu ttg hal pencak silat kayak yg anda lakukan😄

kayaknya gw berharap akan adanya komikus indonesia yg bersedia mengangkat tema pencak silat biar pamor akan meningkat, lho

di Jepang aja, dulu olah raga yg kurang populer seperti basket dan american football ini tiba2 jumlah pemain membludak gara2 ada pengaruh manga yg bertema sport action seperti SLAM DUNK dan EYESHIELD 21

gw ini salah satu juga terpengaruh dr 2 manga di atas, lho!!😀

22 01 2010
Baltxer

ralat… =_=”

“…apa yg lu alami dlm hal pikiran terbuka akan sempitnya ttg pencak silat yg kita kenal, ternyata sama kayak anda…”

yg benar adalah ini

apa yg anda alami dlm hal pikiran terbuka akan sempitnya ttg pencak silat yg kita kenal, ternyata sama terjadi pada saya, lho

harap maklum atas kesalahanku (bow mode : ON)🙂

8 03 2010
silatboy

he bro…lom tau ya?? silat sekarang dah mendunia, di Inggris sana malah udah ada film dng latar belakang seni martial art “pencak silat”yg bertitle “Dark Eden Trilogy” pemaen`y Steve Benitez yg bner2 Pendekar Silat sejati.Malah penggarapan`y masuk berita BBC sgala.Simak aj di Youtube.Banyak guru silat di Inggris dan Amerika sana spt de Touar,Dan Inosanto, dan bnyk lagi. Klo di Amerika tokoh yang berjasa adlh Herman Suwanda yg mendirikan PADEPOKAN SILAT MANDE MUDA di Amerika.Silat sdh smakin dikenal di Eropa dan Amerika karena menurut mereka seni Silat sangat simple dan mudah dipelajari dalam real combat.Indah tapi mematikan.Itulah seni beladiri Pencak Silat.Banyak rahasia2 kuncian yg ga ada di pencak silat spt halnya Jiujitsu.So…banggalah dngan silat.Salam

18 03 2010
kunderemp

Dark Eden Trilogy itu beneran udah jadi? Udah lama dengar proyeknya tetapi abis itu tak ada kabar. Malah Merantau yang duluan muncul.

3 07 2010
kira

memang pencak silat itu is number one sebagai orang indonesia harus bangga akan warisan budaya para leluhur….saya pecinta komik ken’ichi kalo versi manga….and saya juga pecinta bela diri silat saya dari perguruan tapak suci salam kenal

23 08 2010
hr agusti

Ada perguruan silat namanya SILAT MENANG, kalau dipergunakan buat berantem,pasti menang. Kalau ada muridnya yg berantem terus kalah berarti bukan murid dari
perguruan SILAT MENANG. Mau tu gurunya? Dia adalah : SAYA……..mau? ha ha ha ha

27 07 2013
Muhammad Al-Fatih

yang bikin penasaran gue itu bukan silatnya,tp ‘tidat’nya..
eh,gue jga ikut PD bro 1 tahun,hahha (formalitas excul SMA).disuruh ikut silat aa gurunya gara2 gue ketauan dri ! MTS ikut Kick Boxing sampe klas 2SMA..
Silat asik kok,eh..gue ikut pertandingan setanggerang loh gara2 periasi diri,hhahahah

27 07 2013
Muhammad Al-Fatih

ralat : Periasi Diri #salah nulis

27 07 2013
Muhammad Al-Fatih

Perisai Diri
#maap keybord keset

Tinggalkan Balasan

