Pijat Pada Ibu Hamil

14 07 2009

Ibu hamil lebih cepat mengalamai kelelahan dan hal itu membuat badan menjadi pegal-pegal. Tapi apakah boleh pijat pijat pada ibu hamilpada ibu hamil. Nah dari beberapa referensi dan saran dokter, pijat boleh dilakukan di bagian tubuh selain perut, pinggang, dan pinggul. Ketiga bagian itu sudah tentu rentan dengan kontak langsung pada bayi di kandungan. Namun hal itu tidak mutlak dilarang karena pijat di ketiga bagian itu cukup membantu baik pada ibu hamil dan bayi kandungannya.
Pijat di bagian perut, pinggang, dan perut harus dilakukan oleh orang yang mengerti seluk beluk kandungan dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Yang harus diperhatikan antara lain :

  • Pada saat dipijat jangan sampai terjadi kontraksi, apabila terjadi kontraksi segera hentikan aktivitas pijat tersebut.
  • Pastikan kandungan tidak sedang bermasalah.
  • Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, lebih baik pijat dilakukan pada usia kehamilan 5 bulan ke atas.
  • Yang paling penting, pijat dilakukan oleh terapis/orang yang mengerti dan terlatih dalam hal pijat ibu hamil. (Pengalaman, istri saya pernah dipijat oleh tukang pijat khusus ibu hamil. Dia sudah mengerti dimana yang harus dipijat dan mana yang tidak, bahkan dia bisa mengetahui usia kehamilan istri saya. Sayangnya, dia tinggal di kampung tidak di Jakarta.)

Manfaat pijat bagi ibu hamil antara lain :

  • dapat membetulkan posisi bayi ke bentuk yang seharusnya (sekali lagi, ini harus dilakukan oleh terapis yang benar2 terlatih)
  • melancarklan peredaran darah sehingga memberikan relaksasi pad aurat dan saraf
  • melancarkan metabolisme tubuh

Pijat telapak kaki (refleksi) juga perlu diperhatikan karena ada saraf-saraf yang berhubungan dengan rahim. Pastikan ketika pijat tidak terjadi kontraksi dan masalah lainnya. Dianjurkan ditak melakukan pijat refleksi kaki.

Bagian tubuh yang boleh dipijat dan tidak berisiko adalah betis, tangan, punggung, dan leher. Ah saya jadi ingat, ntar malam jadwalnya pijat istri, maklum perutnya sudah mulai membesar dan katanya sudah mulai berat. Iya sayang, papa pijat nanti….

Aksi

Information

3 responses

16 08 2009
Ririn

Usia kehmilan sy 5bln yh mo masuk usia 6bln si,tp brt bdn sy ga tmbh”pdhal udh mkn bnyk,ngemil,minum susu ibu hamil,stiap kli kontrol kebidan ga tmbh” brt bdn sy,41 trus,sblum hmil memang brt bdn sy 43,trun 2 kg,pd usia 3bln hu..ngidamy parah bgd,smpai”ga masuk nasi sma sekali,dan minum air putih pun pasti muntah lg,,muntah lg,,nah pas masuk usia 4bln yah lumayan enak msuk nasi jg sdkit,dan skrng sudah usia 6bln jln sudah enak,mkny bnyk,tapi ko ga tambah brat badan sy yah..apa krna postur tubuh sy yg tnggi 167,dan perut sy jg ga terlalu besar,padahal udah masuk usia 6 bln,knpa yah..sy khawatir bebynya kecil,tp orng” blng krna itu tnggi dan kurusny sy.

16 08 2009
pyoon

wah, kondisi ibu ini sama dengan istri saya. usia kehamilannya 5 bulan mau 6 bulan.Perutnya juga ga terlalu besar. Memang 3 bulan pertama itu waktunya parah2nya ga mau makan. makan apa aja susah . berat bada istri saya sebelum hamil 53 Kg, lalu pada bulan ketiga turun 5kg. setelah 4 bulan ke atas, alhamdulillah berat badannya naik lagi tapi cuma 4 kg, kurang 1 kg dari berat sebelumnya. Saya tanya ke dokter kandungan masalah berat badan istri dan besar perutnya, beliau mengatakan tidak masalah yang penting bayi di kandungannya sehat. Keadaan bayi bisa dikatakan sehat atau tidak, dapat dilihat waktu USG. Kebetulan alat USG yang dipake cukup canggih, sehingga bisa diketahui berat badan bayi,bentuk bayi dan detak jantungnya. Berat bayi perbulan akan meningkat dan dokter mengerti berat badan ideal bagi sang bayi untuk perkembangan tiap bulannya. Kata dokter juga, walaupun berat badan ibu hamil tidak terlalu banyak bertambah, yang terpenting adalah berat bayinya ideal. Artinya berat ibu yang berkurang tetapi berat bayi ideal. Saya sarankan untuk periksa ke dokter dan dilakukan cek USG untuk sang bayi. Mudah2an bayinya sehat…

15 09 2009
lie

waktu itu saya hamil 6 bulan…krna seringnya pipis dan keterbatasan pengetahuan,saya minta di pijat oleh ahlinya,berhrap gk beser trus.tapi ternyata lgsg terjadi kontraksi yg hebat..smpai saya gk sadarkan diri..alhamdllh allah msh melindungi sy..,2 hari rasanya dalam perut saya seperti ingin kluar berhamburan..”inikah kontraksi????” tpi sy yakin..itu bkn hal yg wajar,krn khamilan pertma sy gugur dan bkn seprti itu rasanya.., ini pengalaman saya,dan sangat berharga untuk saya jadikan pelajaran. saya minta doa’nya untuk menantikan proses parsalinan Malaikat kecil saya yg sedang saya tunggu2..

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

