Pesan Tiket KA Lewat Telepon

3 07 2009

Layanan Pemesanan Tiket Kereta Api lewat Telepon merupakan terobosan bagus yang dicanangkan oleh PT. KAI. Kita sebagai penumpang tidak harus datang ke stasiun atau tempat pemesanan tiket sehingga tidak perlu berdesak-desakan dan antri. Dengan pemesanan ini, kita bisa menghemat waktu.  Anda bisa pesan tiket dengan menghubungi nomor 13897. Pembayaran bisa menggunakan ATM.

Pertama kali telepon ke nomor itu, kita akan disambut oleh operator yang menanyakan mau menggunakan kereta api apa, tujuan darimana ke mana, dan jam berapa. Setelah kita jawab pertanyaan itu, kita akan menunggu sampai operator menjelaskan kursi yang akan kita tempati, di gerbong berapa, harganya berapa. setelah itu kita akan ditanya nama dan nomor telepon serta alamat sesuai KTP. Data itu akan disimpan di database (saya berharap dengan sudah disimpannya data itu di database akan mempercepat proses transaksi di kemudian hari). OK. Data pribadi sudah disimpan dan informasi tiket yang kita pesan. Kemudian, operator akan membacakan kembali segala informasi yang telah kita sebutkan sebelumnya plus kode pemesanan. Jika kita mengiyakan informasi tersebut maka selesailah transaksi itu. Total waktu bicara kurang lebih 6-7 menit. Selang beberapa menit, kita dikirimi SMS yang berisi nama kereta api, nomor tempat duduk dan gerbongnya, jumlah harga, dan kode pembayaran. Barulah kita bisa bayar tiket itu ke ATM terdekat. Untuk mendapatkan tiket asli, kita tinggal menyerahkan struk ATM di loket penukaran tiket. Benar-benar membantu.

Dari pengalaman pertama itu, saya merasa sangat terbantu. Sayangnya pulsa yang dikenakan kok cukup mahal ya. Waktu bicara 6-7 menit memakan pulsa 20 ribuan. Kalau di rata-rata 1 menit = 2.500 an. Mahal juga ya.  Tapi kenapa bisa semahal itu? Selanjutnya hingga saat ini saya sudah 4x pesan tiket kereta api lewat telepon (sambil berharap waktu pembicaraan lebih cepat karena data saya sudah disimpan di database).  Pulsa yang termakan sama 20 ribuan dan waktu bicara juga sama 6-7 menit. Ternyata tidak ada perubahan dalam hal transaksi. Pertanyaan yang diajukan operator juga sama seperti pengalaman pertama. Apakah prosedurnya seperti itu. Kalau memang seperti itu, menurut saya pelayanannya belum prima. Seharusnya bisa lebih cepat mengingat data pribadi sudah tersimpan di database. Jadi tidak perlu tanya alamat lengkap cukup nama dan nomor telepon cukup maka akan muncul data pribadi. Apalagi setelah transaksi di telepon kita dikirimi SMS berisi informasi pemesanan tiket.  Saya sebagai pelanggan kan ingin proses cepat mungkin Anda juga berpikiran seperti itu.

Pernah suatu kali saya yang terburu-buru karena suatu kegiatan dan punya sedikit waktu untuk pesan tiket (berharap tiket belum habis) melakukan pemesanan tiket lewat telepon ini. Prosedurnya sama seperti pengalaman pertama. Waktu itu saya langsung to the point mengatakan ke operator bahwa data saya sudah disimpan di database tidak perlu lagi tanya-tanya dan tolong segera diproses transaksinya. Dan ternyata operator bisa cepat melanjutkan transaksi dan segera dapat SMS info pemesanan tiket. Rekor baru dalam pemesanan tiket lewat telepon membutuhkan waktu kurang lebih 4 menit. Saya rasa layanan ini bisa cepat kok.

Layanan sudah OK. Kalau boleh beri masukan untuk pelayanan ini ya tolong prosesnya lebih cepat dengan memanfaatkan database dengan baik untuk mendapatkan data pelanggan. Pulsa juga jangan terlalu mahal (1 menit lebih dari 2 ribu). Beberapa pengalaman dari beberapa orang sepakat bahwa pulsa untuk layanan ini cukup mahal.  Semoga ada perubahan  dalam pelayanan ini menjadi lebih baik sehingga kita pun sebagai pelanggan bisa mengacungkan 2 jempol jari kepada PT. KAI. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya..

About these ads

Aksi

Information

14 responses

16 07 2009
Distributor Pulsa Murah

lagi mo pesan nih hari ini buat mudik, tenkyu infonya

19 08 2009
zaid

Saya coba nelp berkali2 19 aug 09 gak bisa2 tuh mas, sibuk mulu atau failed.
Untuk jatah calo emang kayaknya udah ada deh, ak udah membuktikannya.
sampa kapanpun kayaknya PT KAI tidak becus melakukan improvement services maupun infrastruktur yang baik.

19 08 2009
pyoon

klo hari2 mudik mungkin lagi sibuk2nya mas kali mas. Sedangkan soal calo, emang udah berakar susah diberantas.

23 08 2009
Rigih

mas, bayar lewat ATM gimana caranya mas?
menu apa yang mesti dipilih?

23 08 2009
pyoon

1. Pilih menu Pembayaran,
2. kemudian pilih Tiket KA,
3. Masukkan nomor transaksi dari SMS
4. Cek kembali informasi di ATM dari proses nomor transaksi seperti jadwal berangkat, nama pemesan dan harga tiket.
5. Setelah yakin benar, pilih menu OK.

9 12 2009
fitri

saya coba hubungi kok ga bisa ya mas, katanya temporary disconnected. gimana nih mas?

13 12 2009
yura

bang, boleh tanya, kira” lewat ATM danamon bisa ga ya pembayaran via atm?

27 03 2010
castle

lah,,,gw malah low prnh sama sekali nyang namanya naik kereta api? gimana dunx

29 03 2010
pyoon

ya ga usah pesen tiket bro..

21 06 2010
emy

setuju banget…
mahal bgt via telepon….
ya kalo bisa lebih murah dan ada database….
kalo bisa lagi ada telepon lokalnya :))
kecuali bingung baru pusatnya :))

5 08 2010
Judi

Lokasi penukaran tiket d mana ya?

5 08 2010
pyoon

di loket pembelian tiket gan. kasih bukti transfer lewat ATM plus fotokopi KTP. alternatif lain di bagian informasi, nanti dibantuin ma petugasnya. (pengalaman pribadi nih)
Semoga dapat tiketnya ya :D

5 08 2010
Judi

Sy mau pulang pas hari H lebaran nih…

30 08 2010
rina

Mah judi bisa bantu saya u dapat tiket argojati tgl 1 sept…. jam 9 pagi ty

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: