Cacar Air Pada Ibu Hamil

10 06 2009

PENGALAMAN

Suatu ketika istri saya berbicara pada saya kalau dia punya jerawat di punggung padahal sebelumnya dia tidak pernah mengalaminya. Saya jawab sekenanya saja waktu itu, “Ah itu mungkin bawaannya adik bayi di kandungan yang gen-nya ikut ayahnya. Aku kan sering jerawatan di punggung”. Istri mengangguk mengerti dan tidak terlalu mempermasalahkan masalah jerawat di punggung itu. Tiga hari kemudian, jerawat yang bentuknya bintik-bintik berisi cairan itu semakin banyak dan segera menyebar di seluruh tubuh. Di tengah kepanikan itu, kami pun bertanya-tanya ke teman-teman yang pernah hamil kenapa muncul bintik-bintik itu. Jawabannya bermacam-macam. Ada yang bilang itu biang keringat ada juga yang bilang itu memang bawaan bayi karena bayi membutuhkan hormon dan hormon itu tidak cocok dengan kondisi tubuh ibu hamil. Jawaban yang kami terima saat itu, adalah karena bawaan bayi. Tapi masalah ini masih menggangu pikiran saya dan istri. Akhirnya kami memutuskan untuk periksa ke dokter kandungan di Rumah Sakit. Hasil pemeriksaan menyebutkan bahwa istri saya mengalami cacar air. Oleh karena itulah, saya langsung mencari informasi tentang cacar air ini.

INDIKASI

Cacar air (chicken poz) disebabkan oleh virus varisela zooster.  Tanda-tanda cacar air pada tubuh adalah munculnya bintik-bintik seperti letupan kecil pada kulit (seperti habis kena sundut rokok) dan demam panas yang tinggi. Penularan melalui hembusan udara, batuk maupun bersin, dan yang paling potensial adalah karena sentuhan langsung terhadap bintik yang berisi cairan tersebut. Hampir seluruh tubuh bisa terkena bintik-bintik ini antara lain bagian muka, kulit kepala, mulut bagian dalam, mata, dan termasuk bagian tubuh yang paling intim.

Penyakit cacar air ini dapat menular dengan sangat cepat dan timbulnya pun secara tiba-tiba. Bintik-bintik akan muncul setelah 12 hari penularan. Anak-anak adalah objek yang sering terkena penyakit ini. Orang dewasa pun bisa terkena penyakit ini kalau daya tahan tubuh menurun bahkan untuk ibu hamil. Biasanya penyakit ini terjadi selama 17-21 hari.

PENGARUH OBAT TERHADAP IBU HAMIL DAN JANIN

Pertanyaan yang muncul pertama kali ketika ibu hamil ingin mengobati penyakitnya adalah Apakah obat ini aman bagi saya dan janin saya? Kita harus memahami obat-obatan yang dapat menimbulkan efek teratogenik. Efek teratogenik adalah efek obat yang bekerja pada saat masa embryogenesis atau perkembangan janin sehingga menghasilkan perubahan permanent baik bentuk maupun fungsi dari organ2 janin (kecacatan pada janin). Selain dari obat, efek teratogenik juga dapat ditimbulkan oleh virus, lingkungan, kimiawi. Pengaruh obat terhadap janin tergantung kepada tingkat perkembangan janin dan dosis serta kekuatan obat.

Eksposure ini terjadi selama periode kehamilan yang kritis yang terbagi atas 3 periode :
1. Periode preimplantasi ( 0 sampai minggu ke-2 kehamilan)

Pada periode ini, obat tertentu yang diminum pada awal kehamilan bisa menyebabkan kematian janin atau tidak mempengaruhi janin sama sekali. Pada saat ini janin sangat kebal terhadap cacat bawaan.

2. Periode embrionik (minggu ke-2 – ke-8 kehamilan)

Pada periode ini organ tubuh mulai terbentuk, janin sangat rentan terhadap terjadinya cacat bawaan. Obat yang sampai ke janin bisa menyebabkan keguguran, cacat bawaan yang terlihat jelas atau cacat yang baru tampak di kemudian hari.

3. Periode fetal (minggu ke-9 sampai bayi cukup bulan)

Pada periode ini organ tubuh janin terbentuk sempurna. Obat yang diminum pada saat periode, memiliki peluang yang kecil untuk menyebabkan cacat bawaan yang nyata, tetapi bisa menyebabkan perubahan dalam pertumbuhan dan fungsi organ dan jaringan yang telah terbentuk secara normal.

Adapun beberapa obat yang dihindari untuk dikonsumsi pada saat hamil antara lain  obat anti kanker, talidomid, pengobatan kulit, hormon seksual, meclizin, obat anti kejang, vaksin, obat tiroid, obat hipoglikemik oral, narkotika, obat anti peradangan non-steroid (aspirin), obat anti cemas atau anti depresi, antibiotik, obat antikoagulan, obat penyakit jantung.
sumber lengkapnya : botefilia.com

OBAT-OBATAN YANG DIANJURKAN

Dokter yang memeriksa istri saya menganjurkan VALTREX  yang diminum 3 x sehari dan 1 kali minum 2 tablet (Obatnya cukup mahal), tablet IM-BOOST yang diminum 2x sehari, dan salep MEBO yang diolesi 6 jam sekali.

PENCEGAHAN LAINNYA

Berdasarkan sumber dari anakku.net.

  1. Ibu hamil perlu diperiksa status imunitasnya baik sebelum hamil atau pada tiga bulan pertama kehamilan.
    Pencegahan dilakukan dengan menyuntikkan VZIG (Varicella Zoster Imunoglobulin) atau dengan obat antivirus yaitu asiklovir dalam 2-3 hari setelah ibu hamil kontak dengan penderita cacar air.
  2. Bila ibu hamil sudah terlanjur terkena cacar air, berikan asiklovir dan ibu perlu dirawat bila terjadi komplikasi.
  3. Bila ibu terkena cacar dalam 7 hari sebelum melahirkan hingga 3 hari setelahnya, bayi haruslah diberi VZIG karena ia belum memiliki kekebalan terhadap cacar air. Juga, diberikan antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder.

Sebagai suami yang sangat perhatian terhadap istri dan pertumbuhan bayinya kelak,segera lakukan penanganan yang cepat. Cari informasi sebanyak-banyaknya agar kesehatan istri kita yang lagi hamil segera sembuh dan perkembangan janin berjalan dengan baik. Segera hubungi dokter (lebih baik dokter kandungan) yang berkompeten dan cukup berpengalaman dalam menangani permasalahan yang kita hadapi. Kita sebagai suami harus selalu memberikan dorongan moril kepada istri kita agar dia memiliki keyakinan bahwa bayi yang dikandungnya dapat lahir dengan selamat. Akhirnya kita harus menyertai perjuangan istri kita dengan doa semoga proses kehamilan dan saat kelahiran nanti berjalan dengan lancar dan sehat.

Semoga informasi ini bermanfaat.

About these ads

Aksi

Information

21 tanggapan

23 10 2009
coklat

Teori ini tidak didukung dengan kenyataan dilapangan
terbukti menurut penelitian dari sekitar 1.300 an ibu hamil penderita cacar prosentase kemungkinan bayi mendapat cacat bawaan sangatlah kecil, apalagi diusia hamil muda, cuma 0,4% dan itu juga belum tentu diakibatkaan oleh cacar air tersebut
jadi menurut teori kedokteran memang benar apa yg dipaparkan tapi dalam kenyataan semuanya itu tidak ada

6 11 2009
Ina

Saya skrg jg menderita cacar air dan usia kehamilan saya br 4bulan 1minggu.. Saya takut cacar air ini berpengaruh thp janin saya,apalagi ini adalah kehamilan pertama..

18 03 2010
santi

maaf bu, sebaiknya ibu memeriksakan kehamilan ibu pada petugas kesehatan misalnya rumah sakit. gunanya agar kondisi janin ibu tetap pada posisi yang baik-baik saja,,,,,,,,,karena penyakit varicella sangat berpengaruh terhadap kehamilan,,,,ya kemungkinan janin ibu bisa terkena cacat bawaan…..
kalau bisa ibu juga memeriksakan kehamilan ibu baik trimester pertama sampai trimester ketiga minimal 2 kali ke rumah sakit ….agar tidak terjadi apa-apa…….

9 11 2009
pyoon

segera periksa ke dokter kandungan saja bu. sebelum cacar menyebar ke seluruh tubuh, karena berdasarkan pengalaman, penyakit tersebut cukup mengganggu. mudah2an pengaruh terhadap janin tidak ada.
pernyataan dokter juga mempengaruhi mental sang ibu. apabila mental sang ibu terpengaruhi maka berpengaruh juga terhadap perkembangan bayi. saran saya cari dokter yang dalam memberikan pernyataan lebih kepada motivasi daripada ‘ancaman’. maksudnya ‘ancaman’ itu adalah lebih banyak membicarakan akibat-akibat negatif dari suatu penyakit yang kita derita saat itu.

18 03 2010
santi

saya terkena cacar air waktu masih kecil, tapi sekarang enggak lagi,,,,,,,,,itu brarti cacar air hanya terkena pada manusia hanya sekali seumur hidup………….dan pada wanita hamil apabila terkena cacar air atau varicella atau chickenpox maka akan berpengaruh terhadap kehamilan………

19 09 2012
stephanusandrihartanto

Istrri saya saat ini terserang cacar air dan lagi hamil 8 minggu. Dulu waktu kecil pernah sakit cacar air. Tapi sekarang terkena lagi. Setelah saya konsultasikan ke dokter kandungan, memang virus cacar air sekarang sudah bermutasi. Orang yang sudah pernah terkena cacar air masih bisa terkena lagi. Tergantung daya tahaan tubuh seseorang. Biasanya anak-anak dan ibu hamil rentan terserang, karena daya tahan tubuh lebih rendah dibanding orang dewasa yang tidak sedang hamil.

23 04 2010
Fahmi

Apakah cacar air dapat menular ke janin ibu yang pernah terkena cacar? Anak saya terindikasi cacar air, istri saya sedang hamil dan dulu pernah terkena cacar, apakah berpengaruh terhadap kandungan istri saya tersebut? Mohon informasinya, terima kasih.

28 04 2010
pyoon

setahu saya, dari info dokter yang pernah saya dan istri berkonsultasi. cacar air bisa menular ke janin ketika saat ibu hamil terkena cacar. tapi hal tersebut dapat dihindari dengan segera memberika pengobatan kepda ibu hamil yang terkena cacar. namun apabila cacar air sudah parah, janin bisa tertular.
pada kasus anda, istri anda tidak terkena cacar pada saat hamil. sesuai info di atas, kemungkinan tidak berpengaruh pada janin. demikian info dari saya, semoga bermanfaat.

22 06 2010
Irma

Saya sedang hamil 16 minggu,sudah seminggu yang lalu saya terkena cacar air.
Sebaiknya penanganan nya bagaimana?Saya takut terjadi kelainan pada janin saya.
Dan obat yang sebaiknya diminum jenis obat apa?

23 06 2010
pyoon

sebaiknya segera diobati itu bu, sebelum cacar menyebar lebih banyak lagi. obat yang disarankan dokter tempat istri saya periksa : VALTREX untuk mengobati cacar, IM-BOOST untuk ketahanan tubuh, dan salep MEBO untuk menghilangkan bekas cacar.
Segera periksa ke dokter kandungan dan tanyakan obat tersebut aapakah bisa digunakan. pengalaman istri saya dengan obat itu berhasil.

2 09 2010
Putri bali

Saya mau tny kan istrina mas pst uda melahirkan gmn. Keadaan bayina skrg? Mhn infona cos sy jg lg hamil dan trkena caacar air hamil wkt itu (2 bln..

3 09 2010
pyoon

alhamdulillah pas lahir sehat, beratnya 3 kg dan panjang 49cm. Sekarang sudah umur 8,5 bulan n mulai belajar merangkak.
selain berobat kita juga berdoa dan yakin bahwa bayi yang akan lahir nanti sehat. insya allah doa dan keyakinan kita bisa terwujud.

24 09 2010
Putri bali

Maaf sbbblumna tapi cacat bawaan yg kt takutkan ga tjd kan. Sm anak mas? Maaf sy hny ingin memastikan sy ressah bgt.. Istri mas hny minum obAt cacar yg diberi oleh dokter kan? Ada pengobatan selanjutnya ga? Mohon more info nya

26 09 2010
pyoon

alhamdulillah ga terjadi apa2 pada anak saya.obat yang diminum dari dokter saja ga ada tambahan obat lain.

14 10 2010
pyoon

ada foto anak saya yang waktu dalam kandungan bundanya divonis kena cacar di http://ceritaavhan.blogspot.com/

2 04 2011
Sakit Cacar Pada Masa Kehamilan | ariawan's digital note

[...] Cacar Air Pada Ibu Hamil [...]

26 08 2011
Melisa Lyssa

anak saya berusia 19 bulan dan baru mendapat cacar air skg,mslhnya skg ni saya hamil 3 bulan..saya nak tahu cara2 penjagaan untuk anak saya ini..apakah saya hrus mengasingkan tempat tidur anak saya ini?bgmna pula dgn penjagaan kandungan saya??utk pengetahuan saya mmg pernah mengalami herpes zooter ketika usia saya 8 tahun..apa saya akan mengalaminya kembali??tolonglah saya betul2 harap anak dalam kandungan saya ini sihat..

8 09 2011
pyoon

Menurut saya, lebih baik tempat tidur anak dipisahkan dulu dengan anda untuk menghindari penularan terhadap kandungan. Sebab inveksi virus dalam kandungan tidak dapat diketahui secara kasat mata.
Yang sangat penting adalah segeralah konsultasi dan periksa kesehatan kepada kepada dokter kandungan atau dokter spesialis untuh mencegah penyebaran sedini mungkin. Semoga Anda dan keluarga Anda diberi kesembuhan dan kesehatan.. Amin…

29 10 2011
Anita Hermawan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
2 hari ini saya terkena cacar, padahal sy hamil dan usia kandungan sy 15minggu. kemarin sy priksa tapi di dokter umun bukan didokter kandungan. dan sy diberi obat xiltrop amoxicillin, vitazym, dan dua obat lagi tdk tau namanya. apakah dengan obat itu sdh dpt mengatasi cacar air? dan sy sangat berharap tdk ada dampak negatif pada bayi sy kelak.
saat ini sy sangat merasa khawatir.
mohon informasinya yg terbaik. trimakasih

1 11 2011
pyoon

wa’alaikumsalam wr. wb.
Mohon maaf baru bisa beri balasan. Melihat kondisi ibu sekarang, alangkah baiknya ibu segera periksa kandungan ke dokter kandungan bukan ke dokter umum karena peralatan yang digunakan lebih lengkap untuk melakukan diagnosa.
1. Untuk usia kandungan 15 minggu sudah termasuk ke dalam periode fetal artinya organ tubuh janin sudah terbentuk sempurna sehingga memiliki kemungkinan kecil terkena cacat bawaan akibat obat.
2. Berdasarkan beberapa referensi, obat xiltrop dan vitazym tidak membahayakan. Adapun obat yang cukup berbahaya dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain obat anti kanker, talidomid, pengobatan kulit, hormon seksual, meclizin, obat anti kejang, vaksin, obat tiroid, obat hipoglikemik oral, narkotika, obat anti peradangan non-steroid (aspirin), obat anti cemas atau anti depresi, antibiotik, obat antikoagulan, obat penyakit jantung.
Semoga ibu dan bayinya selalu dalan perlindungan Allah dan lahir dengan sehat. Amiin..

10 11 2012
Anita Kurniawati

Sekarang kehamilan saya uda 24 minggu mas, saya terkena cacar air pada kehamilan umur 12 minggu, apakah di masa ini masih rentan terjadi cacat bawaan pada janin? saya masih khawatir sampai saat ini trimakasih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: